Disbudpar Pantau Kenaikan Wisatawan

Disbudpar Pantau Kenaikan Wisatawan

CIREBON - Meningkatnya kunjungan wisatawan di momen libur lebaran tahun ini, turut menjadi perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon. Disbudpar turut memantau sejumlah objek wisata juga pusat perbelanjaan.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudpar Kota Cirebon, Drs Hanry David MSi menuturkan, dalam momen libur lebaran tahun ini, kunjungan wisatawan dari luar kota yang datang ke Cirebon meningkat dengan signifikan.

Berbagai objek wisata hingg pusat perbelanjaan dipadati oleh wisatawan. Bahkan dari pantauannya ke lapangan, beberapa objek wisata rata-rata mengalami kenaikan pengunjung minimal lima kali lipat hingga delapan kali lipat dari biasanya.

Sebagai contoh, objek wisata Gua Sunyaragi di hari pertama lebaran mendapatakn kunjungan sebanyak 300-400 orang. Di hari kedua lebaran, kunjungan meningkat menjadi 800 pengunjung. Dan di hari ketiga mencapai 1.200.

BACA JUGA:

\"Rata-rata, kenaikan pengunjung di berbagai objek wisata ini minimal mengalami kenaikan lima kali lipat dari biasanya. Sebanyak 80% pengunjung tersebut merupakan wisatwan yang sengaja berkunjung dan sebagain merupakan transit,\" jelasnya.

Diprediksi, puncak kenaikan kunjungan sudah berkahir pada H+3 lebaran. Saat ini kunjungan sudah mulai landai namun masih berkisar 50% dari total puncak kenaikan kunjungan. Dari data kunjungan yang hingga saat ini masih dalam pendataan. Diharapkan, angka kunjungan khusus tamu libur lebaran bisa mencapai 300 ribu hingga 500 ribu pengunjung.

\"Semoga ini menjadi tanda baik ke depan agar pemulihan ekonomi bisa terjadi. Salah satunya melalui sektor pariwisata,\" ungkapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: